A.1.4 Tutorial Penggunaan Program
1. Pilih option yang terdapat dalam kalkulator, Jika
anda memilih 1 anda akan masuk kalkulator biasa, klik enter
2. Masukan
angka pertama
kemudian masukan
angka kedua, klik
enter
3. Akan
keluar hasil dari input yang anda masukan seperti contoh berikut
4. Jika
anda memilih 2 anda akan masuk kalkulator sciencetific, masukan
angka pertama
5. Klik
enter akan muncul hasil
seperti berikut
6. Jika
anda memilih 3 anda akan masuk kalkulator faktorial
7. Ketik
angka yang akan dihitunng dan tekan enter. Akan muncul hasil sebagai berikut
A.
2 Tutorial
Pembuatan Program
Program ini dibuat untuk memudahkan mahasiswa dalam
perhitungan melalui aplikasi program KALKULATOR. Cara membuatnya dengan
menggunakan software Eclipse. Berikut ini adalah tahap-tahap untuk membuat dan
mengoperasikan aplikasi program KALKULATOR
1. Mendownload
beberapa tools untuk dapat mengakses
Eclipse pada program Java
Diantaranya: JDK – bisa unduh di halaman
web http://java.sun.com/javase/downloads/index.jsp
Eclipse – bisa unduh dihalaman web http://www.eclipse.org/downloads/
2. Setelah
itu buka program Eclipse, pilih lokasi workspace yang diinginkan.
lalu,klik OK.
3. Setelah
itu akan muncul halaman Eclipse baru. Cara membuat projek java baru dengan cara
klik File, lalu pilih New-> Java Project
4. Lalu
akan muncul kotak dialog New Java Project. Isikan judul “TEKNOLOGI INFORMATIKA”
Project name lalu klik finish.
5. Klik
kanan pada src, pilih new -> package
6. Atur
name package dan klik finish
7. Klik
kanan pada package, klik new -> Class
8. Atur
nama Class, pada methods stubs klik public static void main(String[]args), lalu
klik finish. Methods ini kita gunakan jika program kita ada dalam tipe data
string
9. Ketik
” import java.util.Scanner” untuk menjalankan program dengan system scanner,
yaitu program akan memproses data sesuai dengan inputan data.
10. Masukkan Scanner data = new Scanner (System.in); yang artinya nama
scanner yang digunakan adalah data.
11. Deklarasikan
variable-variabel yang dibutuhkan sesuai dengan tipe data. Seperti fnumber, dnumber, snumber, number, Penambahan,
Pengurangan, Perkalian, Pembagian, Modulus, Pangkat, Akar, Cos, Sin,
Tan = float
j, x=1 = integer
variabel-variabel ini nantinya akan menjadi inputan yang nilainya akan diproses
untuk menghasilkan output.
12. Kita
dapat menambahkan dan menampilkan pemberitahuan dalam bentuk horizontal untuk
mempermudah pengguna dalam menggunakan program ini. Dengan menggunakan System.out,print . Sebagai
contoh
System.out.print("Catatan :
input yang menggunakan spasi di ganti dengan underscore ").
13. Untuk
mengatur jarak antar baris atau vertikal dapat menggunakan perintah
System.out.println() ;
14. Jangan
lupa setiap dari akhir perintah tulis atau sertakan tanda ( ; ).
15. Selanjutnya masukkan koding seperti di bawah ini:
System.out.println("1. kalkulator biasa");
System.out.println("2. kalkulator scientific");
System.out.println("3. kalkulator faktorial");
do{
System.out.println(" Masukkan Pilihan Anda= ");
dnumber =
data.nextFloat();
if (dnumber ==1){
System.out.println("
");
System.out.println(" KALKULATOR ");
System.out.println("
");
System.out.print("Masukkan angka pertama
= ");
fnumber = data.nextFloat();
System.out.print("Masukkan angka kedua =
");
number = data.nextFloat();
Penambahan = fnumber + number;
System.out.println("Penambahan
--> "+fnumber +" + " +number + "
= " +Penambahan );
Pengurangan = fnumber - number;
System.out.println("Pengurangan
--> "+fnumber +" - " +number + "
= "+ Pengurangan);
Perkalian = fnumber * number;
System.out.println("Perkalian
--> "+fnumber +" * " +number + "
= "+ Perkalian);
Pembagian = fnumber / number;
System.out.println("Pembagian
--> "+fnumber +" / " +number + "
= "+ Pembagian);
Modulus = fnumber % number;
System.out.println("Modulus
--> "+fnumber +" % " +number + "
= "+ Modulus);
Pangkat = fnumber * fnumber;
System.out.println("Pangkat
--> "+fnumber +" * " +number + "
= "+ Pangkat);
Akar = fnumber;
System.out.println("Akar = "+(float)
Math.sqrt(fnumber)+"");
}
else if
(dnumber==2){
System.out.println("
");
System.out.println("
KALKULATOR TRIGONOMETRI ");
System.out.println("
");
System.out.print("Masukkan angka pertama
= ");
snumber = data.nextFloat();
double
degtoRad=Math.PI/180;
double
coba=snumber*degtoRad;
System.out.println("Cos = "+(float)
Math.cos(coba)+"");
System.out.println("Tan = "+(float)
Math.tan(coba)+"");
System.out.println("Sin = "+(float)
Math.sin(coba)+"");
}
else if (dnumber==3){
System.out.println(" ");
System.out.println("
KALKULATOR FAKTORIAL
");
System.out.println("
");
System.out.print("Masukkan angka
= ");
j=data.nextInt();
System.out.print(j+"!=");
for(int k=1;k<=j;k++){
x=x*k;
}
System.out.println(+x);
}
else{
System.out.println("maaf yg anda masukkan salah");
}
}
while (dnumber>=1);
}
}
16. Run Program tersebut.
·
Penjelasan-penjelasan
System.out.println("1.
kalkulator biasa");
System.out.println("2.
kalkulator scientific");
System.out.println("3.
kalkulator faktorial");
-Ini digunakan untuk memberi pilihan beberapa pernyataan sebagai
pilihan untuk user.
·
do{
System.out.println("
Masukkan Pilihan Anda= ");
dnumber = data.nextFloat();
if
(dnumber ==1){
System.out.println("
");
System.out.println(" KALKULATOR ");
System.out.println("
");
System.out.print("Masukkan
angka pertama = ");
fnumber
= data.nextFloat();
System.out.print("Masukkan
angka kedua = ");
number
= data.nextFloat();
Penambahan
= fnumber + number;
System.out.println("Penambahan --> "+fnumber
+" + " +number + "
= " +Penambahan );
Pengurangan
= fnumber - number;
System.out.println("Pengurangan --> "+fnumber
+" - " +number + "
= "+ Pengurangan);
Perkalian
= fnumber * number;
System.out.println("Perkalian --> "+fnumber
+" * " +number + "
= "+ Perkalian);
Pembagian
= fnumber / number;
System.out.println("Pembagian --> "+fnumber
+" / " +number + "
= "+ Pembagian);
Modulus
= fnumber % number;
System.out.println("Modulus --> "+fnumber
+" % " +number + "
= "+ Modulus);
Pangkat
= fnumber * fnumber;
System.out.println("Pangkat --> "+fnumber
+" * " +number + "
= "+ Pangkat);
Akar
= fnumber;
System.out.println("Akar
= "+(float) Math.sqrt(fnumber)+"");
}
-
Ini
sudah menggunakan struktur kontrol do while sebagai fungsi perulangan,
sedangkan if adalah struktur kontrol percabangan yang fungsinya melakukan aksi
bila salah satu syarat terpenuhi disini syaratnya dnumber sama dengan 1.
-
Diatas
juga sudah menggunakan operasi Aritmetika dan relasi seperti +,-,*,/,%(dibaca
modulus, yaitu sisa pembagian),pangkat, dan akar(("Akar = "+(float) Math.sqrt(fnumber)+"").
-
Untuk
(+pernyataan) berfungsi untuk
menampilkan angka yang diinputkan user.
·
else if
(dnumber==2){
System.out.println("
");
System.out.println(" KALKULATOR
TRIGONOMETRI ");
System.out.println(" ");
System.out.print("Masukkan
angka pertama = ");
snumber = data.nextFloat();
double
degtoRad=Math.PI/180;
double
coba=snumber*degtoRad;
System.out.println("Cos
= "+(float) Math.cos(coba)+"");
System.out.println("Tan
= "+(float) Math.tan(coba)+"");
System.out.println("Sin
= "+(float) Math.sin(coba)+"");
}
-
else if berarti selain pilihan pertama tadi akan memenuhi syarat
lainnya yaitu apabila dnumber sama dengan 2
-
menggunakan operasi Trigonometri, rumus trigonometri diatas
maksudnya adalah setelah data di inputkan dalam snmuber setelah itu snumber
akan dikali degtorad yang berarti akan diubah dalam satuan derajat, double
digunakan untuk mengantisipasi apabila hasilnya adalah pecahan. Setelah itu
apabila satuan sudah dalam bentuk derajat maka akan diproses sesuai perhitungan
trigonometri yang notasinya sesuai yang diatas.
·
else if
(dnumber==3){
System.out.println("
");
System.out.println(" KALKULATOR FAKTORIAL ");
System.out.println("
");
System.out.print("Masukkan
angka =
");
j=data.nextInt();
System.out.print(j+"!=");
for(int
k=1;k<=j;k++){
x=x*k;
}
System.out.println(+x);
}
-
else if berarti selain pilihan pertama tadi akan memenuhi syarat
lainnya yaitu apabila dnumber sama dengan 3
-
menggunakan
struktur for untuk perulangan dan rumus factorial dengan notasi seperti yang
diatas, j! dimana perulangan dilakukan k kurang dari sama dengan j dan akan
terus ditambah, dan nantinya x akan dikali k yang akan keluar output dari rumus
atau notasi diatas.
·
else{
System.out.println("maaf yg anda masukkan salah");
}
}
while (dnumber>=1);
}
}
- Else berarti selain angka inputan 1,2,3 maka akan mumncul maaf
yang anda masukkan salah.
- While dnumber lebih dari sama dengan 1 artinya perulangan akan
dilakukan lebih dari sama dengan 1.
SELAMAT MENCOBA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar